Jumat, 11 Februari 2011

Implementasi Jaringan Komputer pada Bisnis, Perbankan, Home, Mobile

Implementasi pada dunia bisnis jaringan komputer yang dapat dirasakan dimana proses transaksi dapat berjalan dengan baik ,dan mempercepat pendistribusian data, informasi untuk pengambilan keputusan, perlindungan keamanan data dan informasi ini lebih terjamin,seperti halnya penjualan barang secara online. Memungkinkan berbagi resources (Server, software, CDROM, Printer).

Dengan adanya jaringan computer hubungan atau komunikasi kita dengan klien jadi lebih hemat, efisien dan cepat. Contohnya : email, teleconference.
Sedangkan di rumah dapat berkomunikasi dengan pengguna lain untuk menjalin silaturahmi (chatting), dan sebagai hiburan dapat digunakan untuk bermain game online, sharing file. Apabila kita mempunyai lebih dari satu komputer, kita bisa terhubung dengan internet melalui satu jaringan. Contohnya seperti di warnet atau rumah yang memiliki banyak kamar dan terdapat setiap komputer di dalamnya.
Pada dunia perbankan, perkembangan teknologi informasi membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa. Seperti halnya pelayanan electronic transaction (e-banking) melalui ATM, phone banking dan Internet Banking misalnya, merupakan bentuk-bentuk baru dari pelayanan bank yang mengubah pelayanan transaksi manual menjadi pelayanan transaksi yang berdasarkan teknologi.

Pada dunia mobile user, jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel disebut juga dengan istilah jaringan wireless yang semakin banyak dimanfaatkan oleh pengguna komputer. Hal ini disebabkan karena kemudahan dari sistem wireless yang semakin mengurangi pengunaan teknologi kabel (wire) sebagai media untuk melalukan komunikasi data.

Semua user dapat melakukan aktivitasnya seperti: browsing, membaca atau mengirimkan e-mail ke klien, melakukan teleconference, koneksi ke jaringan Instant Messenger milik Windows, Yahoo, Google dll
Sistem komunikasi wireless-pun banyak dipasang pada fasilitas-fasilitas umum misalnya : café,hotel, mall, kampus dan sebagainya.

0 komentar: